Sabtu , September 21 2019
Home / Kesehatan / Cara Menurunkan Gula Darah Pada Ibu Hamil

Cara Menurunkan Gula Darah Pada Ibu Hamil

apotekilhamfarma.com. Ibu hamil diabetes apakah berbahaya bagi kesehatan janin? Ini adalah pertanyaan yang paling sering diajukan oleh calon ibu. Jawaban dari pertanyaan itu sebenarnya opsional, tergantung bagaimana cara ibu hamil mengontrol kadar gula darah dan kondisi kesehatannya.

Diabetes yang diderita oleh ibu hamil disebut juga diabetes gestasional. Demi mempertahankan kesehatan janin yang dikandung, penting bagi calon ibu untuk mengetahui cara menurunkan gula darah pada ibu hamil.

Dengan pola hidup sehat dan menu makanan yang benar, maka ibu hamil penderita diabetes bisa mengontrol gula darah. Sehingga, tubuhnya tetap bugar dan kesehatan janin tetap terjaga dengan baik sampai waktunya persalinan.

Ingin mengetahui tips mengontrol gula darah bagi ibu hamil? Simak selengkapnya di bawah ini.

Cara Menurunkan Gula Darah Pada Ibu Hamil

 

  1. Batasi konsumsi minuman dan makanan manis

Menu makanan ibu hamil penderita diabetes memang harus diperhatikan dengan ekstra hati-hati. Karena jika salah sedikit saja, ini bisa membuat kondisinya semakin buruk akibat melonjaknya kadar gula darah.

Untuk menurunkan gula darah dengan cepat dan lebih efektif, ibu hamil dianjurkan untuk membatasi konsumsi makanan manis. Semisal permen, soda, cake, kue dan lain sebagainya.

Menu makanan yang direkomendasikan untuk ibu hamil penderita diabetes adalah camilan sehat seperti buah dan salad.

  1. Perbanyak minum air putih

Cara menurunkan gula darah pada ibu hamil selanjutnya adalah minum lebih banyak air putih. Ibu hamil disarankan agar minum setidaknya 2 liter air putih per hari.

Manfaat yang bisa didapat antara lain menjaga metabolisme tubuh, keseimbangan tubuh, membuat tubuh lebih berenergi, mengindari janin dehidrasi dan pastinya mengontrol gula darah.

Sehingga, ibu hamil diabetes tidak perlu merasa khawatir jika penyakitnya memberikan dampak buruk bagi janin.

  1. Kurangangi karbohidrat

Penting untuk diketahui ibu hamil, bahwasannya makanan yang mengandung karbohidrat bisa meningkatkan kadar gula darah secara signifikan. Sehingga, jika ibu hamil penderita diabetes ingin mengurangi kadar gula darah, sebaiknya kurangi asupan karbohidrat dan ganti dengan makanan yang kaya akan serat.

Cara menurunkan gula darah pada ibu hamil ini harus Anda ingat baik-baik, agar kondisi tubuh tetap prima dan bugar.

  1. Rutin olahraga ringan

Walaupun harus menjaga kondisinya sebaik mungkin, namun bukan berarti ibu hamil harus pasif bergerak. Hal ini jelas tidak benar, khususnya bagi ibu hamil yang mengidap diabetes. Penting sekali bagi mereka melakukan olahraga ringan, seperti jalan kaki di pagi atau sore hari.

Sebelum melakukannya, pastikan Anda sudah berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Jika mengizinkan, maka cara menurunkan kadar gula pada ibu hamil ini aman dilakukan. Jangan lupa tanyakan juga olahraga-olahraga yang cocok untuk ibu hamil.

  1. Mengonsumsi lemak sehat

Lemak sehat bisa ibu hamil dapatkan dari kacang-kacangan, alpukat dan lain sebagainya. Asupan ini sangat direkomendasikan bagi ibu hamil diabetes, karena ia bisa mengendalikan kadar gula darah agar tetap normal.

  1. Perbanyak protein

Cara menurunkan kadar gula darah pada ibu hamil yang terakhir adalah rutin mengonsumsi makanan yang diperkaya kandungan protein. Protein bermanfaat untuk menjaga perut ibu hamil agar tetap kenyang lebih lama dan mengontrol kadar gula darah.

Beberapa jenis makanan sumber protein adalah dada ayam kampung rebus, telur dan lain-lain. Pastikan makanan ini senantiasa hadir di menu harian Anda.

Itu tadi adalah 6 cara menurunkan kadar gula darah pada ibu hamil. Semoga bisa menjadi wawasan baru bagi Anda semua. Jika merasa bermanfaat, jangan lupa share artikel ini, supa lebih banyak lagi ibu hamil penderita diabetes yang mampu menjaga kondisinya.

loading...

Disarankan baca juga

6 Hal yang Mesti Dikerjakan Pasien TBC Agar Tidak Menyebar Ke Orang Disekitarnya

Apotekilhamfarma.com – Tuberkulosis atau TBC adalah satu diantara penyakit menyebar yang dikarenakan kuman TB (mycobacterium …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *