Kamis , Juni 21 2018
Home / Penyakit / Pengertian Penyakit Demam Berdarah

Pengertian Penyakit Demam Berdarah

Pengertian Demam Berdarah
Apotekilhamfarma.com – Sebutan demam berdarah yang di kenal pada umumnya oleh orang-orang di Indonesia, sesungguhnya yaitu demam dengue atau dengue fever. Diikuti dengan beragam tanda seperti suhu badan yang bertambah dengan mendadak, sakit kepala berlebihan, dibarengi tanda beda seperti nyeri otot serta sendi, sampai keluar ruam merah.

Terdapat banyak tingkat demam dengue, dari mulai tingkat enteng sampai berat dengan beragam resiko komplikasi. Meskipun demikian, kadang-kadang demam pada demam dengue termasuk enteng. Hingga seringkali dipandang flu atau infeksi virus beda.

Disamping itu, yang dimaksud dengan demam berdarah dengue atau dengue hemorrhagic fever, sesungguhnya adalah satu diantara komplikasi dari demam dengue yang lebih beresiko.

Pada artikel ini, demam dengue selalu ditulis jadi demam berdarah, untuk memudahkan pencarian orang-orang tentang demam berdarah.

Apakah Penyebabnya Demam Berdarah?
Virus dengue penyebabnya demam berdarah disebarkan oleh nyamuk, terlebih type nyamuk Aedes aegypti. Ada juga nyamuk yang menebarkan demam berdarah dari type Aedes albopictus.

Virus ini disebarkan lewat nyamuk. Waktu nyamuk menggigit manusia yang telah terinfeksi virus dengue, lalu nyamuk itu menggigit manusia beda. Untuk demam berdarah yang terulang, peluang juga akan menanggung derita keadaan yang lebih beresiko di banding yang pertama kalinya dihadapi.

Indonesia dengan Negara-negara Asia beda dengan iklim tropis, mempunyai angka masalah demam berdarah yang tinggi. Umpamanya Laos, Malaysia, Filipina, Vietnam, Singapura serta sekelilingnya.

Bagaimana Tanda Demam Berdarah yang Keluar?
Tanda demam berdarah biasanya keluar pada 4-6 hari pertama mulai sejak terinfeksi, yang berjalan sekitaran 10 hari.

Gejala-gejala yang seringkali muncul pada demam berdarah, diantaranya :

  • Sakit kepala yang kronis.
  • Demam tinggi yang berlangsung mendadak.
  • Nyeri otot serta sendi.
  • Terasa capek.
  • Mual serta muntah.
  • Rasa sakit dibagian belakang mata.
  • Ruam merah pada kulit, keluar 2-5 hari sesudah demam.
  • Perdarahan enteng dari hidung, gusi atau gampang muncul lebam.

Resiko Komplikasi Demam Berdarah
Demam berdarah bisa mengakibatkan keadaan yang lebih beresiko, yang di kenal jadi demam berdarah dengue (DBD). Keadaan ini diikuti dengan :

  • Demam tinggi.
  • Trombositopenia (jumlah platelet ≤100, 000/mm3)
  • Rusaknya pada pembuluh darah serta limpa.
  • Pembengkakan hati.
  • Perdarahan dari hidung serta gusi.
  • Masalah sampai kegagalan system aliran darah.

Bila tidak dikerjakan dengan pas, keadaan itu bisa mengakibatkan sindrom syok dengue atau dengue shock syndrome, berbentuk perdarahan kronis, syok sampai kematian.

Kelompok yang berisiko alami sindrom syok dengue yakni orang yang mempunyai system imunitas yang rendah atau sempat alami demam dengue terlebih dulu.

Langkah Mendiagnosa Demam Berdarah
Tanda dari demam berdarah, nyaris sama juga dengan penyakit beda seperti malaria serta tifus. Untuk meyakinkan keadaan demam berdarah, biasanya dokter juga akan lakukan kontrol menyeluruh.

Pertama, lihat beberapa gejala yang terlihat pada pasien. Dokter bisa ajukan pertanyaan tentang keadaan lingkungan pasien atau tempat yang baru-baru saja dikunjungi pasien, yang peluang terkena nyamuk penebar virus dengue.
Bila belum juga bisa di pastikan, peluang dokter bisa memberi referensi untuk tes darah. Dari sampel darah itu, dokter bisa ketahui benarkah diketemukan virus dengue pada badan pasien.

Langkah Menangani Demam Berdarah
Sesungguhnya untuk menangani demam dengue, tak ada langkah obat spesial. Untuk kurangi tanda yang dirasa, bisa memakai obat pereda nyeri seperti acetaminophen. Tetapi, jauhi konsumsi aspirin yang bisa jadi memperburuk keadaan perdarahan.

Dokter akan berikan anjuran berbentuk mengkonsumsi air yang cukup. Hal semacam ini perlu untuk hindari dehidrasi, karna demam serta muntah. Juga usahakan untuk memperoleh istirahat yang cukup.

Bila beberapa gejala tidak selekasnya lebih baik, baiknya selekasnya konsultasi ke dokter untuk mengecek peluang berlangsung komplikasi dari demam dengue.

Sinyal tanda Darurat Waktu Demam Berdarah
Walau dipandang enteng, tetapi keadaan ini dapat berlanjut pada tingkat yang lebih beresiko. Dapat dikenali dari beberapa gejala seperti :

  • Menangis dengan air mata yang sedikit, bahkan juga tanpa ada air mata sekalipun.
  • Bibir atau mulut yang kering.
  • Buang air kecil yang sedikit.
  • Terlihat alami kebingungan.
  • Badan merasa begitu dingin atau lembap terlalu berlebih.

Selekasnya konsultasi ke dokter bila alami hal itu. Biasanya dokter juga akan berikan anjuran aksi berbentuk pemberian cairan serta elektrolit badan lewat infus atau intravenous (IV), memantau desakan darah, memberi transfusi darah bila dipandang butuh atau beberapa aksi pendukung beda.

Panduan Menghindar Demam Berdarah
Langkah paling efisien menghindar demam berdarah yakni melindungi diri dari gigitan nyamuk pembawa virus. Pakai baju tangan panjang serta celana panjang, diperlengkapi dengan kaus kaki. Bila perlu, beri losion spesial pada badan untuk menghindar gigitan nyamuk. Yakinkan pintu, jendela atau lubang ventilasi tertutup untuk menghindar masuknya nyamuk.

Aksi yang bisa dikerjakan yakni menghindar perubahan populasi nyamuk penyebabnya demam berdarah. Seperti melindungi tak ada genangan air hujan atau air bersih beda. Tempat yang butuh diwaspadai diantaranya kaleng atau ban sisa, dan tempat minum pada kandang binatang peliharaan.

Bila satu diantara anggota keluarga terserang demam berdarah, selekasnya kerjakan perlindungan ekstra untuk anggota keluarga beda dari gigitan nyamuk. Sebab, nyamuk yang menggigit orang yang telah terserang demam berdarah bisa menebarkan virus pada orang yang lain yang sehat.

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *